Guides

Pentingkah akreditasi dalam memilih kampus?

Akreditasi adalah suatu sistem penjaminan mutu suatu perguruan tinggi baik swasta maupun negeri.

By Cari Kuliah | 1 week ago
Cari Kuliah

Mungkin hal ini menurut beberapa orang sudah tidak layak di permasalahkan karena akreditasi adalah hal yang sangat penting dalam memilih kampus. Tetapi ada juga yang berpikir bahwa akreditasi adalah hanya suatu "trademark" yang perguruan tinggi berlomba-lomba untuk didapatkan agar bisa di pasang di iklan.

Terkadang kamu sebagai murid SMA berpikir bahwa kamu memilih perguruan tinggi berdasarkan nama atau mengikuti teman saja. Banyak juga kalau kamu mendengar iklan di radio suatu universitas memasarkan dengan menyebut terkakreditasi A. Apa sih tujuannya kita kuliah? Apakah untuk mendapatkan pendidikan yang baik atau yang penting lulusan universitas ternama atau yang penting kita bisa mendapatkan peluang kerja yang baik setelah kita lulus?

Banyak murid SMA yang tidak tepikir untuk hal ini. Kerap kali murid sma masuk universitas unggulan tidak perduli dengan jurusannya yang penting bisa lulus dari universitas tersebut. Well, bad news for you guys! Bagi kamu yang salah satu dari murid ini, kamu akan mengalami kesulitan untuk mendapat pekerjaan yang sesuai. Karena kompetisi lulusan universitas yang mencari pekerjaan yang baik tidak mudah dan tidak sedikit. Jadi, coba kamu perhatikan lagi dan pikirkan kembali untuk hal ini.

Apa itu Akreditasi?

Sesuai dengan peraturan pemerintah pasal 2 menerangkan bahwa akreditasi adalah suatu sistem penjaminan mutu eksternal sebagai bagian dari sistem penjaminan mutu pendidikan tinggi. 

Adakah tujuan akreditasi yang dimaksud adalah sebagai berikut:

1. Menentukan kelayakan Program studi dan perguruan tinggi berdasarkan kriteria yang mengacu pada standar nasional pendidikan tinggi

2. Menjamin mutu program studi dan perguruan tinggi secara eksternal baik bidang akademik maupun non akademik untuk melindungi kepentingan mahasiswa dan masyarakat.

Apakah akreditasi bisa menjamin lulusan mendapatkan pekerjaan?

Tentu tidak, akreditasi hanya suatu sistem yang dibuat pemerintah untuk menyatakan bahwa universitas tersebut memiliki kelayakan fasilitas, tempat mengajar dan kurikulum yang diberikan. Pemerintah tidak bercampur tangan dalam proses mengajar dalam suatu universitas, semuanya tergantung masing-masing untuk mengelola sistem pelajaran di dalamnya (internal), dari kesempatan kamu magang, praktek dan lainnya.

Tetapi akreditasi adalah standar nasional untuk pendidikan yang baik?

Pendidikan yang baik itu adalah subyektif bukan obyektif. Perguruan tinggi berlomba-lomba mendapatkan akreditasi bukan untuk standarisasi pendidikan yang bermutu tetapi akreditasi yang diberikan adalah untuk menyatakan bahwa perguruan tinggi tersebut bukan universitas yang abal-abal melainkan yang memiliki kedudukan yang jelas, kurikulum yang jelas, fasilitas dan tempat mengajar yang jelas. Setiap perguruan tinggi memiliki kekuatan masing-masing, tidak semua perguruan tinggi bagus di prodi hukum atau tidak semua perguruan tinggi bagus di prodi manajemen. Ada bagusnya pada saat kamu memilih perguruan tinggi, kamu bisa melihat kekuatannya yang sesuai dengan minat kamu.

Universitas yang terakreditasi A itu adalah universitas unggulan. 

Apakah definisi universitas unggulan? apakah universitas yang memiliki banyak mahasiswa atau universitas yang telah berdiri lama atau universitas yang memiliki kelulusan terbaik?

Universitas itu adalah tempat dimana kita belajar untuk mendapatkan ilmu yang bisa kita gunakan pada saat kita bekerja nantinya. Pernah tidak kamu bertanya, kenapa ada banyak sekali universitas di Indonesia? Karena setiap universitas di Indonesia ataupun di dunia menawarkan hal yang berbeda dari satu dan yang lain. Ada yang menawarkan pendidikan yang baik dengan harga yang murah, ada yang mengatakan universitas ini bekerja sama dengan perusahaan ternama sehingga lulusannya bisa mendapatkan kesempatan bekerja lebih besar, ada juga yang menyatakan bahwa universitas ini untuk anak-anak yang ingin menjadi entrepreneur.

Sehingga kita bisa menyimpulkan sendiri versi universitas unggulan menurut kamu itu apa. 

Kalau kamu perhatikan universitas di luar negeri tidak pernah ada mereka mengiklankan universitasnya menggunakan akreditasi seperti Harvard University, New York University, MIT, RMIT, Monash University dan sebagainya. Tetapi mereka dikenal sebagai universitas unggulan. Di dalam negeri sendiri ada Matana University dengan kekuatannya di bidang Manajemen dan UTA'45 yang mengedepankan prodi farmasi dan hukum

Universitas yang baik itu adalah universitas yang memiliki kurikulum yang jelas dan lulusan yang jelas. Tujuan utama paling banyak murid kuliah itu untuk mendapatkan kesempatan kerja yang baik. Tidak ada salahnya sebelum kamu memilih perguruan tinggi yang tepat, kamu datang dan lihat kampusnya dan fasilitasnya dan kamu harus melihat lulusan universitas tersebut setelah lulus kesempatan bekerjanya besar atau tidak.

Semoga bermanfaat.