Universitas

Mengenal Matana University

Untuk kamu yang masih mencari jurusan yang tepat, Matana University memiliki berbagai macam jurusan yang khusus dibuat untuk kamu.

By Cari Kuliah | 2 weeks ago
Carikuliah.com

Pasti kamu yang belum tahu Matana University bertanya, "Siapa sih Matana University?

Itu wajar kalau kamu belum kenal karena Matana University tergolong universitas swasta baru atau yang kamu sering sebut sebagai PTS (Perguruan Tinggi Swasta). Meskipun masih belum memiliki akreditasi, Matana tergolong universitas bagus yang memiliki banyak lulusan yang sudah bekerja dan tidak kalah dari PTS lainnya. Saat kamu mencari pekerjaan nantinya, perusahaan juga tidak akan melihat akreditasi tetapi mereka akan lebih memandang pengalaman kamu dan pengetahuan kamu, karena apakah penting memilih universitas hanya melihat dari akreditas? Tidak selalu karena apa fungsi dari sebuah akreditasi kalau pada saat lulus kamu sulit untuk mencari pekerjaan.

Matana University berlokasi di Tangerang, dengan alamat lengkapnya di ARA Center, Matana University Tower Jl. CBD Barat Kav, RT.1, Curug Sangereng, Kec. Klp. Dua, Tangerang, Banten 15810.

Kalau kamu belum tahu jurusan apa yang cocok buat kamu, Matana University memiliki berbagai jurusan yang khususnya dirancang untuk mempersiapkan kamu di dunia pekerjaan setelah lulus. Karena di kampus ini kamu bukan hanya belajar selama 4 tahun atau 8 semester tapi kamu akan diberikan kesempatan untuk magang sebelum lulus. Dalam dunia pekerjaan sekarang di Indonesia, khususnya di Jakarta. Perusahaan tidak akan melihat semata-mata dari nilai kelulusan kamu, tetapi karena kompetisi untuk mendapatkan pekerjaan semakin kompetitif, perusahaan akan melihat dari aspek keaktifan kamu selama kuliah. Selain itu perusahaan juga akan lebih memilih fresh graduate yang memiliki pengalaman lebih sehingga pada saat kamu bekerja nantinya wawasan kamu di dalam dunia pekerjaan tidak 0 (nol). Jadi kalau kamu pengen mendapatkan kesempatan bekerja lebih besar dari yang lain Matana University adalah pilihan yang tepat untuk kamu.

Keunggulan Matana University selain magang adalah:

1. Lokasi Strategis

Seperti yang telah disebutkan di atas, Matana berlokasi di Tangerang, Sentra Bisnis Paramount. Lokasi ini penting untuk kamu belajar, karena apabila terlalu jauh dari rumah, untuk jarak tempuh akan semakin lama. Kalau kamu berlokasi di Jakarta bisa saja kamu mencari tempat kos yang ada di lokasi Paramount Serpong.

2. Dosen dan Staff Profesional

Dosen yang ada di Matana University bukan saja dosen yang hanya mengerti teori seperti kebanyakan di PTS lain. Tetapi setiap dosen yang ada di setiap jurusan di Matana, memiliki jam terbang yang tinggi atau kita sebut sebagai profesional. Dosen profesional adalah dosen praktisi yang selain mengajar mereka memiliki pengalaman kerja atau masih bekerja juga di perusahaan. Sehingga pengetahuan yang diberikan di dalam kelas bukan hanya teori melainkan praktek yang baik (best practice) di sebuah perusahaan.

3. Kurikulum Terpadu

Kurikulum di Matana University tidak kalah dengan universitas lain, bahkan di dalam kurikulumnya kamu sebagai mahasiswa akan di berikan kesempatan untuk magang di perusahaan ternama yang tidak semua universitas memiliki. Perpaduan antara teori dan praktek di universitas ini juga salah satu yang top, karena dosen yang bekerja juga berasal dari kalangan praktisi dan mereka memiliki pengetahuan yang luas dan beberapa dari dosennya juga memiliki perusahaan sendiri atau startup sendiri, jadi ga salah lagi kalau kamu memilih Matana University untuk kamu menimba ilmu.

4. Beasiswa

Di masa pandemi ini kami semua tahu bahwa mencari universitas yang sesuai tidaklah gampang karena banyak hal yang tidak pasti. Ekonomi kita sedang berada di masa yang tidak baik, banyak orang tua kami yang sudah tidak bekerja atau terkena efisiensi. Maka dari itu ada baiknya apabila kamu bisa mempertajam nilai kamu selama SMA, karena Matana memiliki program beasiswa yang melihat dari hasil kamu di SMA.

Sekarang yuk kita lihat jurusan yang ada di Matana University.

S1 Sistem Komputer

Sistem komputer atau yang kita sebut Information Communication Technology atau dengan singkatan ICT adalah perpanjangan dari IT (Information Technology) yang fokus mempelajari tentang sistem komunikasi. Kalau kita perdalam lagi sistem komputer mempelajari tentang integrasi telekomunikasi, software, middleware, hardware, sistem penyimpanan, audio visual antara sistem komputasi dengan perangkatnya yang dapat membuat pengguna mengakses, menyimpan, memancarkan dan memanipulasi informasi.

Di dalam jurusan ini kamu akan diajarkan untuk melakukan pemrograman, merancang software, digital hardware, merancang dan membangun jaringan komputer, keamanan komputer, dan lainnya. Selain itu setiap mahasiswa juga dibekali pengetahuan atau kompetensi pendukung seperti critical thinking, leadership, interpersonal skill, dan kewirausahaan. Setiap pengetahuan ini dirancang khusus agar kamu siap bekerja ataupun membangun usaha sendiri.

Prospek pekerjaan lulusan dari Sistem Komputer dapat bekerja di 5 bidang ini:

1. Computer Engineer
2. Continuing professional education
3. Software Developer / Computer Programmer
4. Computer Network Engineer
5. Computer Support

S1 Teknik Informatika

Jurusan ini harusnya sudah tidak asing lagi di telinga kamu karena kita sering sebut sebagai IT (Information Technology). Memang ada kemiripan dengan Sistem Komputer hanya yang berbeda adalah fokusnya. IT sendiri adalah cara pengaplikasian dalam suatu sistem untuk memecahkan suatu masalah, besar dan kecil di dalam suatu perusahaan.

Kamu akan lebih fokus belajar dalam membuat suatu software, cara memelihara dengan benar, keamanan suatu sistem atau komputer, dan lainnya.

Sistem pembelajaran jurusan ini bukan hanya teori melainkan banyak praktek nya karena untuk IT teori saja tidak cukup, kamu harus bisa membuat dan menjalankan program yang telah kamu pelajari dan apabila ada kerusakan atau malfunction kamu dapat memperbaikinya.

Setelah lulus dari jurusan ini kamu dapat bekerja di 11 bidang ini:

1. Programmer
2. Software Engineer
3. IT Consultant
4. System Analyst
5. Software Tester
6. Game Developer
7. Data Communication Engineer
8. Intelegent Software Developer
9. Database Engineer
10. Web Engineer
11. Technopreneur

S1 Sistem Informasi

Jurusan Sistem Informasi adalah jurusan yang mempelajari ilmu komputer (hardware/software) untuk memenuhi berbagai kebutuhan bisnis perusahaan atau organisasi dengan hasil semua kegiatan prosedur/transaksi bisnis yang dilakukan secara otomatis dapat berfungsi dengan baik. di bawah payung Sistem Informasi, kamu akan fokus dalam mempelajari cara membuat, menyimpan, memilah dan menyatukan informasi yang digunakan dalam suatu bisnis.

10 Prospek kerja setelah lulus dari Sistem Informasi adalah:

1. Information System Manager
2. Information Technology Manager
3. Information System Development Project Manager
4. Database and E-Business Manager
5. IT / IS Consultant
6. System Analyst
7. System Designer
8. Database Administrator
9. System Information Auditor.

S1 Manajemen

Program Manajement di Universitas Matana bukanlah hanya mempelajari sistem binis konvensional, melainkan mempelajari sistem bisnis berbasis ICT (Information Communication Technology). Di era digitalisasi sekarang seluruh perusahaan harus beradaptasi dengan teknologi akan tetapi tidak semua karyawan atau bahkan pemilik perusahaan mengerti aturan mainnya. Matana University mempersiapkan kamu untuk memenuhi kebutuhan dan tantangan pekerjaan zaman ini. Dengan kehadiran digitalisasi dan perkembangannya yang luar biasa merupakan faktor utama dalam perkembangan ekonomi di dunia.

Contoh perubahan yang signifikan dalam dunia bisnis yang menggunakan technology adalah cara beriklan. Meskipun masih banyak perusahaan mengiklankan produk nya dengan Billboard yang kamu sering lihat di jalanan tetapi apakah kamu memperhatikan bahwa semakin sekarang semakin berkurang iklan di billboard? Dengan adanya teknologi perusahaan lebih memilih untuk memasang iklan di aplikasi sosial media seperti instagram, facebook dan lainnya, yang mana mereka dapat memberikan produknya persis di depan mata kita. Coba kamu pikirkan orang-orang yang bekerja di dalam perusahaan tersebut, bagaimana mereka bisa menentukan harus memakai billboard atau aplikasi untuk beriklan. Jurusan ini mengajarkan proses ini yang panjang  untuk membuat suatu keputusan keputusan.

Program studi ini memiliki fokus dalam 3 disiplin:

1. Digital Marketing

Mungkin kamu akan bertanya kenapa kita harus belajar digital marketing di jurusan manajemen bukannya itu jurusan marketing? Memang ada benarnya tetapi perbedaan yang mendasar adalah jurusan marketing mempelajari cara yang tepat untuk mempromosikan suatu produk atau brand dengan menggunakan data. Sedangkan jurusan manajemen mempelajari cara bermain organisasi atau perusahaan dengan mengetahui proses di dalamnya seperti market, customer, keuangan, operasi dan komunikasi sehingga bisa mengetahui cara yang paling tepat untuk bisa menggapai target kita dengan optimal.

Dengan digital marketing kamu harus tahu bagaimana cara menggunakan internet luar dan dalam seperti google yang paling kita sering gunakan. Di dalam google untuk mempromosikan produk kita bisa menggunakan SEO dan SEM. Jurusan ini akan memberikan kamu pengetahuan dan praktek mengenai cara-cara yang paling efektif dan prosesnya untuk mempromosikan sebuah brand atau  produk.

2. Sekuritas

Sama seperti digital marketing, sekuritas juga mempelajari hal yang sama akan tetapi cara penerapan saja yang berbeda. Program Studi ini mempersiapkan kamu sebagai Sumber Daya Manusia (SDM) bidang Perbankan pada perusahaan Pasar Modal, Bank, Properti, Asuransi, Bursa Efek Indonesia dan Perusahaan Multinasional bidang Perbankan yang permintaan akan tenaga kerja ahli di bidang ini selalu cenderung meningkat dan kompetensinya pun semakin dibuat menjadi lebih profesional.

Prospek kerja jurusan ini adalah:

1. Dosen
2. Konsultan perbankan
3. Konsultan bisnis
4. Manajer SDM
5. Manajer Pemasaran
6. Manajemen Trainee

3. Human Capital

Fokus ini dalam jurusan Manajemen akan mengajari kamu bagaimana caranya untuk mengelola sumber daya manusia atau SDM di dalam sebuah perusahaan. Ilmu ini akan kamu pelajari secara teori dan prakteknya selama perkuliahan. Sebagai lulusan Manajemen dengan fokus Human Capital, kamu akan menguasai luar dan dalam dan mempersiapkan kamu untuk terjun langsung ke dunia pekerjaan sebagai karyawan di departemen HRD. 

S1 Akuntansi

Akuntansi adalah bagian dari suatu bisnis yang sangat penting untuk mencatat sebuah transaksi yang keluar atau masuk dan menkomunikasikan informasi mengenai keuangan dan operasional kepada para jajaran direksi atau yang mengambil keputusan dalam suatu perusahaan atau organisasi. Hasil dari pencatatan ini digunakan untuk pengendalian operasi bisnis, perencanaan bisnis, pengendalian pajak, anggaran tahunan, serta analisis kinerja.

S1 Desain Komunikasi Visual (Graphic Design)

DKV atau yang sering kita kenal sebagai Graphic Design bukan hanya belajar bagaimana cara mendesain sesuatu. Karena kami tau untuk mendesain, tanpa kuliah kamu sudah dapat melakukannya. Tetapi jurusan ini mengajari kamu untuk berpikir lebih dari konseptual tetapi menciptakan sesuatu yang bermakna dalam desain kamu. Jurusan ini akan mengajarkan teknik menciptakan suatu karya, tipografi yang mengajarkan perbedaan font  yang bisa digunakan dalam suatu karya. Selain itu kamu akan diajarkan bagaimana cara mengolah sebuah data yang bisa dituangkan dalam karyamu. Bisa di dalam games, video, animasi, foto dan lainnya.

S1 Statistika Bisnis

Universitas Matana menyediakan program studi Ilmu Statistika dengan fokus pada bidang Ekonomi Bisnis dan bidang Aktuaria. Saat ini kebutuhan akan aktuaris di Indonesia sangat tinggi seiring dengan berkembangnya Perusahaan Asuransi dan Ilmu Aktuaria dengan arah Investasi dan Risikonya.

Ilmu ini sangat penting dalam mengambil sebuah keputusan yang berhubungan dengan keuangan. Setiap investasi atau bisnis memiliki resiko tersendiri dengan menguasai ilmu ini kamu dapat prediksi apakah investasi ini dapat menguntungkan atau tidak dan apakah kamu harus mempertahankan keuangan kamu dalam bisnis tertentu atau lebih baik ditinggalkan. Memang keputusan tersebut terlihat mudah apa lagi kalau kamu mengambil keputusan ini dengan perasaan. Matana University mengajarkan ilmu ini dengan menggunakan logika dan dengan data yang akurat dan valid.

Prospek kerja lulusan Statistika Bisnis adalah:

1. Badan Pusat Statistik (BPS)
2. Badan atau Lembaga Penelitian & Pengembangan
3. Analis Penjualan
4. Manager Investasi
5. Analis Bursa Saham
6. Aktuaris di perusahaan asuransi jiwa, kesehatan, umum, kecelakaan dan sosial
7. Perusahaan konsultan aktuaria
8. Dana Pensiun baik di Pemerintahan maupun Swasta
9. Manager Quality Control

S1 Fisika Medis & Instrumentasi

Jurusan ini bukanlah jurusan yang umum akan tetapi kamu akan mempelajari cara menjadi tenaga ahli yang berhubungan dengan fisika yang dapat menganalisa, pengobatan dan mengoperasikan sebuah instrumen dalam dunia medis:

1. Terapi Radiasi (Radiation Therapy Physicists)
2. Diagnostik Radiologi (Diagnostic Radiology Physicists)
3. Kedokteran Nuklir (Nuclear Medicine Physicists)
4. Kesehatan Medis (Medical Health Physicists)
5. Petugas Proteksi Radiasi

S1 Hospitality & Pariwisata

Matana University mempersiapkan kurikulum pembelajaran untuk jurusan ini agar kamu dapat menguasai dari operasional, manajemen, chef dan Marketing dalam sebuah hotel atau restoran. Dalam dunia ini kamu bukan lagi belajar mengenai data atau sebagainya tetapi kamu akan lebih di ajarkan kearah komunikasi dan servis karena kunci utama di dunia perhotelan adalah servis yang baik dan hubungan antara kamu dengan pelanggan.

Setelah lulus kamu dapat bekerja sebagai:

1. Room Division Manager
2. Chef
3. Food and Beverage Manager
4. Event Manager

S1 Arsitektur

Arsitektur adalah bidang ilmu yang tidak hanya mempelajari bagaimana tercipta sebuah bangunan, tetapi juga tentang sekitarnya yaitu pemukiman, kawasan dan bahkan kota. Dengan memahami dan menguasai arsitektur, diharuskan setiap profesional memahami aspek dan konteks yang selalu melingkupinya, baik lingkungan alamnya, estetika, budaya, psikologi perilaku manusia, ekonomi, hukum, teknologi, sistim konstruksi, menejemen konstruksi dan lain sebagainya.

Matana University sendiri memiliki kerjasama dengan berbagai instansi dan perusahaan arsitektur seperti Ikatan Arsitek Indonesia (IAI), Asosiasi Perguruan Tinggi Arsitektur Indonesia (APTARI), juga beberapa perusahaan konsultan arsitektur dan pengembang properti, diantaranya adalah Paramount land dan Parador. sehingga setelah kamu lulus kemungkinan kamu bekerja semakin besar.

6 Prospek kerja lulusan arsitek adalah:

1. Arsitektur
2. Konsultan Arsitektur
3. PNS
4. Akademisi / Dosen pengajar
5. Pengusaha
6. Interior Arsitek

Fasilitas yang ada di Matana University adalah salah satu fasilitas terlengkap yang menunjang pembelajaran selama 4 tahun atau 8 semester. Contohnya Mac Computer untuk desain grafis, ruangan khusus IT, ruangan menggambar arsitek, perpustakaan dan lainnya. Memang Matana University tidak hanya memprioritaskan di kurikulum tetapi dalam fasilitas penunjangnya sehingga pada saat kamu belajar, kamu mendapatkan pengalaman pembelajaran yang sesuai dengan pekerjaan kamu nantinya.

Selain itu Matana University juga memiliki banyak organisasi di dalamnya untuk kamu mengekspresikan dirimu dalam olahraga, bela diri, musik, fotografi dan lainnya.

Kalau kamu masih bingung mau cari jurusan atau kampus yang cocok dan sesuai dengan keinginan kamu, Matana University adalah pilihanmu karena uang kuliah yang tidak mahal dan memiliki fasilitas yang sangat lengkap dan dengan kurikulum khusu dirancang agar kamu siap bekerja setelah lulus.