Tips & Tricks

Mau badan ideal saat kuliah?

Memiliki badan ideal adalah impian kita semua tetapi tidaklah mudah untuk mencapai goal tersebut, begini cara memiliki badan ideal versi carikuliah

By carikuliah.com | 2 weeks ago
carikuliah.com

Semua mahasiswa pasti tau betapa susahnya mempertahankan badan yang mereka idamkan, apalagi dalam kesibukan kuliah yang jelas memakan banyak waktu.

 

Inilah beberapa cara untuk mempertahankan badan ideal saat kuliah,

 

1.     Perhatikan pola makan kamu

 

Biasa, jika kata ‘diet’ dipakai, yang dipikirkan adalah untuk makan sedikit mungkin. Tidak ada yang lebih salah dari perkiraan itu. Diet adalah penjagaan pola makan yang dilakukan untuk banyak tujuan, yang paling umum adalah untuk menurunkan berat badan atau membentuk otot. Yang paling penting adalah untuk menjaga pola makan yang memenuhi syarat tiap sasaran yang diinginkan, seperti jangan terlalu sering makan ‘junk food’ (makanan cepat saji) dan makanan yang terlalu berlemak.

 

2.     Sempatkan waktu untuk berolahraga

 

Proporsi diet dan olahraga harus sebanding untuk menyeimbangkan proporsi lemak dan otot dalam tubuh. Saat melakukan olahraga, tubuh bias membakar lemak dan membentuk otot, yang menyebabkan proporsi otot lebih banyak dibanding lemak. Oleh karena itu, walaupun diet, jangan lupa untuk memasukan olahraga dalam aktivitas sehari-hari. Olahraga tidak harus dilakukan sering sering, mungkin 3-4 kali seminggu (yang penting sempat). Dengan olahraga, badan juga akan lebih kuat dan sehat.

 

3.     Cobalah berjalan saat mau pergi

 

Ada banyak keuntungan dalam berjalan ketika mau pergi (jika tidak terlalu jauh), misalnya ke kuliah. Bukan hanya kita lebih hemat, berjalan juga bisa dihitung sebagai olahraga sehari-hari yang mampu membakar beberapa kalori dan membuat kita lebih bugar. Alternatif berjalan adalah bersepeda, yang mempunyai keuntungan yang serupa.

 

4.     Jangan lupa untuk sarapan

 

Sarapan adalah makanan yang paling penting dalam sehari, ialah headstart hari tersebut, energi yang didapatkan untuk melakukan aktivitas nantinya. Kalau kuliah, tentu hari akan sibuk, dan energi yang besar akan dibutuhkan agar mahasiswa bisa menyeselaikan kegiatan di kampus. Selain sarapan, coba untuk tidak melewatkan jam makan, ini juga dilakukan untuk melaksanakan diet yang benar. 

 

5.     Ikuti klub olahraga di sekolah

 

Kalau terlalu sibuk untuk olahraga diluar waktu jam sekolah, yang disarankan adalah untuk mengikuti klub olahraga disekolah. Bagus untuk sosialisasi, mengikuti klub disekolah juga tidak rugi dilakukan karena sekaligus membantu prestasi kuliah dan tidak membuang waktu. Lakukan klub olahraga yang tidak terlalu menguras energi, sesuatu yang kamu jelas sudah akrab atau yang kamu pernah lakukan