Tips & Tricks

Life hacks super cerdik untuk kamu mahasiswa

Trik dari carikuliah buat kamu supaya tidak boros beli barang.

By carikuliah.com | 4 months ago
carikuliah.com

Bukan lagi anomali bagi mahasiswa (apalagi mahasiswa ngekos) untuk hidup serba hemat, melakukan segala cara agar uang yang dihabiskan mencapai batas minim. Ini dikarenakan pengeluaran yang konon lebih terjaga untuk kebutuhan sehari-hari mahasiswa yang cukup besar, seperti kebutuhan kos atau kebutuhan diri sendiri. Maka, dengan keiritan itu, terciptalah life hacks yang bisa dibilang konyol namun lumayan berakal untuk menggantikan pilihan yang biasanya lebih mahal di market.

 

Ini adalah beberapa life hacks yang super cerdik untuk kamu mahasiswa!

 

1. Speaker DIY menggunakan gelas

 

Walau terdengar konyol, kamu bisa menggunakan gelas untuk memperkencang suara yang keluar dari hp kamu. Cara melakukannya sangat simpel, yang dibutuhkan hanyalah gelas kosong (tidak terbuat dari plastik) yang berukuran lebih besar dari hp yang akan digunakan. Masukan hp itu di dalam gelas, dan jadilah speaker DIY super gampang ini. Biasanya, mahasiswa memakai teknik ini untuk memperkencang suara alarm.

 


2. Kaleng soda untuk menyimpan alat tulis

 

Jangan buang kaleng sehabis minum soda, karena yang bisa dibuat darinya bisa membantu kamu menghemat lumayan banyak uang. Cara membuat penyimpan alat tulis dari kaleng soda berupa berikut ini. Cuci kaleng soda dengan bersih, lalu gunakan pembuka kaleng untuk melepaskan seluruh tutup kaleng. Dengan itu, terbukalah lubang cukup besar untuk menaruh beberapa alat tulis seperti pensil atau pulpen. 


 

3. Trik untuk kamu yang malas cuci piring

 

Trik ini sempat menjadi viral di sosial media sebab kepandaiannya. Bukan hanya menjadi trik untuk menghemat sabun cuci piring, trik ini juga dibuat khusus untuk mahasiswa yang terlalu berat tangan cuci piring. Yang dilakukan tentu simpel—letakan selembar bungkus plastik diatas piring yang akan kamu gunakan, kemudian taruhlah santapan dan makan sepuas hatimu.

 

4. Mangkok cemilan botol plastik

 

Sama seperti kaleng soda, kamu bisa memanfaatkan air mineral (sekitar 1500 ml) untuk menghemat uang dengan cara crafting alat rumah kamu sendiri. Alat yang bisa dibuat kali ini berupa wadah untuk menaruh cemilan seperti popcorn atau keripik. Potonglah bagian bawah botol plastik dengan gunting atau cutter, dan jadilah wadah plastik baru untuk kamu.


 

5. Penjepit kertas untuk gantungan kabel

 

Jika kamu adalah orang yang serba gak ribet, kamu pasti menyukai hack ini. Pasti kita semua pernah mengalami kekesalan akan kabel yang berantakan sebab ditaruh sembarangan. Untuk mengatasi ini, kamu hanya perlu beberapa penjepit kertas untuk dijepit di ujung meja. Gunakan bagian kawat penjepit itu sebagai penyangga kabel, dan kamu tidak perlu mengkhawatirkan kabel berantakan lagi!


 

Demikianlah beberapa life hacks yang patut dicoba jika kamu mahasiswa yang serba praktis. Gunakanlah dengan baik!