Tips & Tricks

Galau Memilih Jurusan?

Kalau kamu menjadi salah satu siswa yang sedang galau mencari jurusan yang cocok dengan apa yang kamu mau, tim carikuliah memiliki tips yang

By carikuliah.com | 1 month ago
carikuliah.com

Apabila kamu sedang bingung mencari jurusan apa yang cocok sama minat kamu atau kamu mau mencari tau tentang jurusan apa yang akan memberikan masa depan yang cerah untuk kamu, tim carikuliah punya solusinya nih! coba simak dulu biar kamu ga kebingungan lagi menentukan jurusan yang tepat buat kamu.

Jurusan kuliah saat ini sangat banyak yang di tawarkan oleh universitas atau institusi di Indonesia. Apabila kamu tinggal di daerah perkotaan, alangkah baiknya kalau kamu bisa melihat situasi kota kamu dan mencari tau apa yang sedang dibutuhkan pada 5 tahun kedepan supaya kamu bisa mendapatkan pekerjaan yang sesuai nantinya. Jika kamu tinggal di daerah, kamu juga bisa mencari tau dari Mister Google industri apa saja yang sedang berkembang di daerah kamu. Banyak investor dari dalam maupun dari luar negeri yang berlomba lomba untuk membuka peluang pekerjaan baru di daerah, sehingga apabila kamu tidak mau sulit mendapat pekerjaan, lebih baik kamu mencari tau dulu sebelum memilih jurusan.

Tim Carikuliah.com juga memberikan beberapa tips supaya kamu nggak galau memilih jurusan,

1. Peluang Kerja

Peluang kerja di Indonesia tidak kalah banyak dari luar negeri, meskipun negeri kita sedang berkembang tetapi kamu bisa menjadi salah satu orang yang bisa memajukan negeri kita melalui pekerjaan yang kamu geluti nantinya. 

Zaman sekarang mencari pekerjaan relatif sulit karena kompetisi yang datang dari ribuan orang yang mau bekerja di bidang yang kamu mau. Tidak mudah untuk perusahaan memilih calon karyawan yang tepat untuk memajukan bisnis mereka. Jadi dalam memilih jurusan, sertakan juga pertimbangan karier kerjanya. Kamu harus punya gambaran melalui jurusan yang kamu pilih tentang masa depan kamu dalam berkarier dan untuk memajukan negara Indonesia. 


2. Cari Informasi Universitas

Di Indonesia memiliki kurang lebih 4.000 universitas / institusi yang siap menerima kamu menjadi mahasiswa. Setiap universitas memiliki prodi unggulan masing masing. Kamu harus bisa menentukan universitas yang bisa membawa masa depan kamu cerah dengan belajar jurusan yang kamu pilih di universitas yang tepat. 

Apabila minat kamu mengambil jurusan farmasi / apoteker di Jakarta, universitas yang bagus dan telah di akui lulusannya oleh perusahaan adalah UTA45. Mereka memiliki fasilitas yang sangat baik untuk kamu menempuh pengetahuan dan mencari pekerjaan setelahnya. Selain itu apabila kamu ingin menempuh pendidikan di bidang perhotelan, Swiss German University (SGU) juga tidak kalah untuk pelajarannya yang mana setelah kamu belajar, kamu bisa magang di luar negeri di hotel berbintang yang bisa mengasah pengalaman kerja kamu.

Jadi, jangan lupa untuk mencari informasi lebih dalam tentang jurusan yang kamu minati, sekaligus mencari referensi lain dengan melakukan eksplorasi di kampus-kampus sejenis. Ada baiknya juga kamu punya plan B. Berharap dengan kampus pilihanmu nggak ada salahnya, tapi cari informasi tentang kampus lain juga ya.


3. Sesuaikan Dengan Potensi Diri

Nggak salah kalau kamu punya keinginan untuk masuk di jurusan favorit sekalipun, tetapi lebih baik perhatikan potensi diri kamu juga. Nah, bagi kalian yang masih terjebak dalam kegaulan tersebut, lebih baik cek bakat dan potensi diri kamu dengan mengikuti tes minat bakat. Agar hasil yang kamu terima dari tes tersebut bisa membuat kamu menemukan potensi diri kamu sesungguhnya ada di bidang apa. 


4. Sesuaikan Dengan Apa Yang Kamu Suka

Pilih jurusan dari bidang yang paling kamu sukai. Mempelajari hal yang kamu suka akan menyenangkan dan kamu tidak akan merasa terbebankan dalam belajar. Kami percaya segala sesuatu yang kamu kerjakan dengan sukacita hasilnya akan lebih dari memuaskan.

Meski pelajaran dalam perkuliahan menjadi semakin sulit, apabila kamu menyukai bidang tersebut kamu nggak akan mudah menyerah. Apapun hambatannya kamu pasti akan mencari jalan keluarnya.

Pastikan juga bidang tersebut benar-benar yang kamu suka, bukan cuma tertarik karena terlihat keren, apalagi ikut-ikutan teman. 

-----------------------------------------------------

Kesimpulannya adalah karena dunia pekerjaan semakin kompetitif dan banyak orang yang memilih jurusan karena menurut mereka bisa mendapatkan penghasilan yang besar atau peluangnya besar, tidak ada salahnya kalau kamu menentukan jurusan yang kamu pilih menurut potensi dan minat kamu. Sehingga pada saat kamu belajar atau bekerja nantinya tidak merasa terbebani.

Semoga bermanfaat!