Tips & Tricks

Cara menjaga kesehatan agar kamu gak mudah sakit

Tim cari kuliah mengulas cara agar kamu tetap fit dan gak gampang sakit saat menjalankan perkuliahan kamu.

By carikuliah.com | 2 months ago
carikuliah.com

Dunia kuliah memang tidak mudah untuk ditempuh banyak orang. Apa lagi dengan kualitas udara di Indonesia yang kurang sehat. Tim cari kuliah mengulas cara agar kamu tetap fit dan gak gampang sakit saat menjalankan perkuliahan kamu. Kesehatan adalah hal penting dalam hidup kita. Biaya ke dokter mahal, asuransi juga mahal. 

Pernah gak kamu merasa jengkel dengan udara yang kotor dan kamu merasa badan ga fit setiap hari. Padahal kamu merasa apa yang kamu lakukan sudah benar. Kesehatan adalah hal penting dalam hidup kita, apabila kita sudah sakit kita harus mengeluarkan biaya ke dokter yang cenderung mahal.

Berikut tips dari tim carikuliah.com untuk menjaga kesehatan badan kamu setiap harinya.

1. Olahraga

Kamu bisa mulai dengan olahraga yang ringan seperti berjalan kaki, jogging. Olahraga teratur bisa membuat kamu bugar dan langsing lho.

Selain itu, sebuah penelitian membuktikan bahwa olahraga teratur dapat mencegah peradangan dan penyakit kronis, mengurangi stres, serta mempercepat peredaran sel darah putih dalam melawan penyakit.


Menurut para ahli olahraga bisa memperbaiki kesehatan kamu baik jasmani maupun rohani dan menguraki resiko penyakit seperti diabetes tipe 2, kanker dan jantung. Olahraga juga memiliki keuntungan yang cepat maupun jangka panjang, yang lebih penting kalau kamu berolahraga secara rutin dapat membuat kualitas hidup kamu lebih baik.


2. Minum air putih


Minum air putih memiliki banyak khasiat untuk tubuh kamu. Tubuh dewasa terdiri dari 60% air yang mana menurut jurnal biologi kimia 158, H.H. Mitchell, otak dan jantung kita terdiri dari 73% air, paru-paru kita memiliki 83% kadungan air. Kulit 64% air, otot dan ginjal adalah 79% air dan bahkan tulang kita terdiri dari 31% air.


Tujuan minum air putih untuk membuat tubuh kamu tetap terhidrasi dengan baik dan melancarkan pencernaan. Air putih juga mampu meningkatkan metabolisme tubuh, serta mencegah tubuh terkena infeksi. Yuk penuhi kebutuhan air putih sebanyak 8 gelas sehari atau setara dengan 2 liter air.


Jadi inget ya guys kita harus minum air putih yang banyak bukan minum minuman yang lain yang di banyakin, seperti kata Aqua, kalau kita gak minum air kita gak bisa fokus. 


3. Tidur yang cukup


Sebuah penelitian menunjukan bahwa orang yang tidur minimal delapan jam setiap malam selama dua minggu menunjukkan bahwa tubuh lebih kebal dari serangan virus dan kuman bakteri.

Hal ini disebabkan oleh sitokin yang dilepaskan tubuh selama tidur yang lama. Sitokin adalah sejenis protein yang membantu tubuh melawan infeksi dengan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.


Untuk tau lebih lanjut apa yang terjadi di badan kita pada saat kita tertidur simak artikel berikut, apa yang sebenarnya terjadi pada tubuh saat kita tertidur.


4. Makanan sehat


Kadang gak semua orang suka makanan sayur - sayuran. Kamu mungkin pernah diajarin di sekolah kalau makan harus 4 sehat 5 sempurna. Tubuh kita memerlukan gizi setiap harinya dan riset telah mengatakan bahwa untuk menjaga kesehatan, makan kamu harus menyerupai pelangi.


Komponen makanan sehat bukanlah semata-mata kita harus makan sayur setiap saat atau buah setiap saat melainkan setiap hari kita makan yang harus ada adalah, protein, karbohidrat, sayuran dan buah.


Di setiap komponen makanan tersebut ada vitamin dan gizi tertentu yang membuat badan kita sehat. Contohnya, apabila kamu kebanyakan sayur, badan kamu tidak mendapatkan asupan protein dan vitamin yang hanya terkandung di dalam daging (sapi, ayam, ikan), begitu pula kalau kamu terlalu banyak makan daging, selain kamu tidak mendapatkan vitamin dari sayuran atau gizi yang cukup, darah kamu bisa menjadi kental.


Kamu bisa membaca artikel lainnya tentang makanan sehat di dalam carikuliah.com


Berikut tips dari tim carikuliah agar kamu bisa menjaga kesehatan badan kamu yang maksimal dan gak mudah sakit.