Tips & Tricks

Cara Menghilangkan Kebiasaan Malas

Sebagai anak kuliah bermalas-malasan adalah hal yang paling enak kita lakukan, tetapi kita harus juga mengatur kemalasan kita. Carikuliah memiliki cara untuk menghilangkan kebiasaan ini

By carikuliah.com | 2 weeks ago
carikuliah.com

Kebiasaan malas adalah sesuatu yang dihadapi semua orang, sebuah kebiasaan buruk yang susah sekali dilawan sebab kemalasan berasal dari diri kita sendiri. Tentu, untuk melawan kebiasaan buruk ini, proses yang dilakukan harus bertahap. Jika kita terus mengalah kepada kemalasan kita, ialah akan menjadi penghalang besar untuk melakukan sesuatu yang produktif, dan kita mungkin kehilangan kesempataan yang akan menguntungkan masa depan kita. 

Inilah beberapa cara untuk melawan kemalasan, lakukan secara bertahap dan kamu akan liat perbedaan nya! 

1. Bangun pagi, hindari kebiasan begadang dan tidur siang. 

Pernah kah kamu mendengar pribahasa 'the early bird catches the worm?' (burung awal akan mendapat cacing). Sama dengan kita, untuk meraih sebanyak peluang yang kita bisa dapatkan, kita harus mengikuti pola dan rutinitas yang sehat serta produktif untuk menghindari kemalasan. 

Cobalah untuk tidur dengan waktu rata-rata 7-8 jam, agar kita punya banyak energi untuk melakukan aktivitas pada esok harinya. Lalu, biasakan untuk bangun dibawah jam 9, supaya sempat makan pagi. Saat bangun dibawah jam 9, badan juga konon merasa lebih segar, sedangkan kalau bangun jam 11 atau 12 yang membuat badan terasa lelah dan lemas. Hindarkan juga kebiasaan tidur siang, sebab saat waktu menjelang malam, energi yang kita dapatkan dari tidur siang akan membuat kita tidur lebih malam (akhirnya, begadang). 

2. Jangan menunda pekerjaan

Ada sebutan 'procastinate' yang berarti menunda, dan ini seringkali kita lakukan saat melakukan pekerjaan yang kita tidak sukai. Walau begitu,  pada akhirnya, kita harus tetap melakukan kerjaan itu—jadi, mengapa 'procrastinate' jika bisa diselesaikan sekarang? Saat selesai, kita juga bisa santai dan melakukan hal yang kita sukai. Penundaan kerjaan adalah sebuah kebiasaan malas, dan tentu harus dihindarkan. Ingatlah bahwa setelah pekerjaan itu diselesaikan secepat mungkin, kita tidak harus cemas untuk melakukannya nanti. 

3. Coba untuk berolahraga, mencari aktivitas baru. 

Bukan hanya olahraga, tapi temukanlah aktivitas yang akan mengeluarkanmu dari rumah. Lakukan sesuatu yang kamu sangat ingin lakukan, bersenang-senanglah. Olahraga bisa membuat badanmu segar dan bugar, akan tetapi untuk memulai adalah salah satu hal yang paling susah untuk dilakukan, coba lah melangkah pertama dan biasakan dirimu menjadi aktif, karena kebiasaan ini yang akan kamu bawa seumur hidup kamu. 

Pokoknya, jangan terlalu lama diam di satu tempat: lakukan sesuatu yang baik untukmu sendiri atau orang lain!

4. Buatlah to-do-list, dan cobalah untuk melakukan semuanya dalam list itu. 

Membuat to-do-list emang gampang, tapi untuk menyeselaikan to-do-list itu sangat jarang. Untuk mengingat apa saja yang harus dilakukan dalam sehari, buatlah to-do-list, dan cobalah untuk lakukan sebanyak mungkin. Dengan itu, kamu bisa ingat apa saja yang harus dilakukan dan menjadi seproduktif mungkin. Semakin banyak cek yang kamu taruh, semakin banyak kerjaan yang kamu selesaikan dalam sehari! Kamu pasti akan merasa puas, benar? 

5. Temukan titik motivasi kamu

Untuk memulai suatu pekerjaan atau belajar, hal yang paling penting adalah mencari apa yang kamu suka dan tidak akan ada perasaan untuk menyerah, dengan kata lain kita harus bisa menemukan motivasi di dalam hidup kita. Untuk berkomitmen kuliah ataupun pekerjaan, kamu harus bisa menikmati prosesnya, proses tersebutlah yang bisa membuat kamu kuat dan tidak mudah menyerah dalam melakukan komitmen kamu. 

6. Hindari menghabiskan waktu berlebihan bermain gadget.

Saat kita jelajahi instagram, Facebook, Twitter, atau sosial media lain nya, waktu seakan berjalan secepat kilat. Tanpa kita sadari, kita sudah membuang terlalu banyak waktu bermain gadget. Ini juga termasuk main game berlebihan. Karena terlalu seru main bersama teman, seringkali kita lupa waktu, dan kerjaan lain yang harus dilakukan juga terlupakan. Ini bukan berarti kita tidak boleh bermain gadget, melainkan kita harus membatasi waktu yang kita habiskan saat mengutak-atik gadget. Jangan lupa waktu ya guys!