Updates

Berapa gaji UI UX Designer?

UI UX designer adalah seorang profesional yang mengatur proses flow website, aplikasi agar memaksimalkan pengalaman user dalam explore sebuah platform

By carikuliah.com | 2 weeks ago
carikuliah.com

Mungkin kamu sudah tidak terlalu asing dengan istilah UI UX design, mengapa begitu? sekarang dalam kehidupan kita sehari-hari untuk mencari apapun semua sudah tersedia di dalam internet, mulai dari google, facebook, instagram, tokopedia, traveloka, gojek dan lain lain.

Tetapi pernah nggak kamu memerhatikan tampilan yang ada di dalam platform tersebut? bagaimana interaksi dari satu halaman ke halaman lain? Warna yang digunakan, gambar yang ada dan lainnya?

Nahh, biar kamu nggak bingung lagi kami akan menjelaskan tentang UI dan UX design.

APA ITU UI DAN UX DESIGN?

Sebelum kita menjelaskan secara mendalam, kamu harus tau apa kepanjangan dari UI dan UX. UI adalah singkatan dari  'User Interface', sedangkan UX adalah singkatan dari 'User Experience'.

Dari kepanjangan tersebut kamu sudah bisa menebak bahwa, UI adalah orang yang bertanggung jawab atas tampilan platform secara keseluruhan dan harus senada dengan konsep awal, mulai dari warna, grafik, font, ukuran font, gambar, garis, ketebalan huruf yang di gunakan dan lainnya yang berhubungan dengan apa yang kita lihat dengan mata. 

Sedangkan UX adalah orang yang bertanggung jawab atas proses dari halaman 1 ke halaman terakhir, contohnya apabila kamu membuka website traveloka, dari halaman pertama yang kamu buka sampai ke pembayaran dan mendapatkan tiket, bagaimana menurut kamu flow nya? Seorang UX designer memikirkan secara detil langkah-langkah yang bisa memudahkan kamu dalam eksplorasi website / aplikasi dan lebih banyak menggunakan sisi psikologi user sehingga menghasilkan flow yang simple dan menyenangkan dan mudah.


BAGAIMANA CARA MENJADI UI UX DESIGNER?

Untuk mengejar profesi sebagai UI UX Designer kamu tidak diharuskan belajar IT, meskipun kalau kamu bisa menguasai Programming akan menjadi nilai plus untuk kamu. Tahapan yang harus kamu lalui untuk menggeluti profesi ini adalah kamu harus mengikuti pembelajaran di perkuliahan selama 4 tahun dengan Sarjana Desain atau Sarjana Komunikasi. Kenapa perlu mengambil gelar ini? Karena seluruh pelajaran yang akan kamu dapatkan selama kuliah adalah keahlian dan mengasah kreatifitas kamu. Penggunaan Photoshop, Illustrator, Flash, dan lain-lain. Untuk profesi ini skills dan kreatifitas kamu lah yang menentukan apakah kamu akan berhasil atau tidak.

Tentunya kamu harus ingat, kuliah bukan saja belajar menggunakan software yang diperlukan tetapi pada saat kuliah lah saat dimana kamu bisa menuangkan seluruh pikiran dan kreatifitas kamu tanpa beban, dalam artian kamu belum perlu mengikuti kemauan client yang taruhannya adalah uang mereka. Sehingga akan sangat menguntungkan kamu kuliah sambil mengumpulkan portofolio kamu.

BERAPA GAJI SEORANG UI UX DESIGNER?

Gaji seorang UI UX tidak hanya dilihat dari berapa lama pengalaman kamu kerja tetapi mereka akan melihat paling utama dari PORTOFOLIO kamu selama kamu kuliah, dan sejauh mana kamu bisa mengikuti kemauan klien atau yang sering disebut CREATIVE BRIEF. Secara umum apabila kamu bisa bekerja di perusahaan besar atau bonafide kamu bisa mendapatkan gaji antara 6 juta sampai 14 juta, tetapi kalau kamu bekerja di perusahaan biasa atau kecil, kamu bisa mendapatkan gaji UMR atau 5 juta.

JENJANG KARIR SEORANG UI UX DESIGNER

Sebagai fresh graduate mungkin ada beberapa pertimbangan untuk menentukan pilihan tempat kerja kamu, antara gaji yang besar tetapi jenjang karir tidak tinggi atau gaji kecil tetapi jenjang karir tinggi. Apabila kamu bekerja di perusahaan besar atau bonafide kamu bisa mendapatkan pelajaran dalam melaksanakan pekerjaan kamu secara sistematis yang sudah terbentuk, sebaliknya apabila kamu bekerja di perusahaan yang biasa atau kecil kamu akan bisa mengalami bagaimana cara membentuk sistem yang belum ada dan kamu akan bekerja extra untuk membuktikan dirimu, saat hal ini sudah terbukti kamu akan dilihat oleh atasan kamu dan bisa mendapatkan kenaikan gaji dan kenaikan jabatan dengan waktu yang relatif lebih cepat.

-----------------------------------------

Dari semua platform yang ada di HP kamu ataupun yang kamu buka dari laptop kamu yang membuat dan design sebuah platform adalah seorang UI / UX Designer. Jadi kalau kamu membuka suatu website, coba perhatikan untuk aspek-aspek yang kita jelaskan di atas. Dan coba tanya diri kamu, apakah pengalaman kamu dalam browsing website tersebut menyenangkan dan mudah atau malah membuat kamu bingung sampai kamu malas mengunjunginya lagi.

Semoga bermanfaat!