Tips & Tricks

Bagaimana Cara Mengatur Waktu yang efisien?

Carikuliah akan memberikan tips untuk mengatur waktu dengan efisien, karena hal ini yang akan kamu bawa ke dunia pekerjaan.

By carikuliah.com | 1 week ago
carikuliah.com

Ada pepatah bahwa waktu itu berharga, maka kita harus memanfaatkan waktu sebaik mungkin. Di dunia ini, membuang waktu dengan sia sia bisa menghilangkan peluang yang kamu bisa raih. Tentu, kamu bisa mengubah dan memperbaiki manajemen waktu kamu; ini adalah beberapa cara untuk melakukanya.

 

1.    Fokus pada kerjaan kamu

 

Mudah dibilang, tapi susah dilakukan—belajarlah untuk fokus dalam hal yang kamu lakukan. Coba hindari pemakain henpon sejenak, hindari juga aktivitas-aktivitas lainnya yang mungkin menganggu pekerjaan kamu. Cobalah untuk selesaikan pekerjaan kamu tepat waktu. Misalnya kamu menjadwalkan untuk mengerjakan tugas setelah pulang kuliah sebelum jam 9 malam. Setelah jam 9 malam kamu akan melakukan hal 'refreshing'. Sabtu dan Minggu mungkin kamu mau melakukan tugas sedikit dan harus di atur pada jam yang tepat.

 

2.    Selesaikan yang terpenting

 

Lakukan lah pekerjaanmu secara bertahap dan mulai lah dengan yang paling penting. Dengan cara itu, lebih gampang melakukan pekerjaan yang lain karena tidak terlalu panik untuk menyelesaikan pekerjaan yang paling 'urgent'. Banyak orang mau melakukan pekerjaan dari yang paling mudah, untuk beberapa situasi, tidaklah salah. Akan tetapi jangan sampai kamu terlalu asik untuk mengerjakan yang mudah tetapi pekerjaan yang prioritas yang harus selesai "besok" kamu lupa mengerjakannya.

 

3.    Jangan takut bilang ‘tidak’

 

Jangan sia-siakan waktu dalam hal yang kamu tidak harus lakukan sekarang. Membantu teman juga baik, walau kamu harus prioritas kan pekerjaan kamu sendiri. Maka begitu, jangan takut bilang tidak jika kamu tertumpuk kerjaan sendiri. Apabila kamu bilang tidak karena ada alasan tertentu, pasti orang sekeliling kamu akan mengerti situasi kamu. 

 

4.    Selesaikan lebih awal

 

Yang lebih baik daripada menyelesaikan pekerjaan tepat waktu adalah menyelesaikan pekerjaan tersebut lebih awal, agar kamu bisa melakukan pekerjaan yang lain dengan santai dan mendapatkan lebih banyak waktu luang. Ada beberapa keuntungan untuk mengerjakan waktu lebih awal, misalnya, ada tugas untuk minggu depan tetapi kamu telah mengerjakannya dan selesai 3 hari sebelumnya, sisa waktu yang ada kamu bisa pakai untuk bersantai atau review ulang hasil kerjaan kamu untuk mendapatkan hasil yang maksimal.


Mengatur waktu yang efisien adalah hal simpel yang paling susah kita lakukan. Tentu saja kita tidak mau menjadi "robot" yang setiap hari sudah ada jadwal. Tapi apakah kamu tau yang membedakan pekerja biasa dengan Manager / Direktur salah satu nya adalah keahlian kamu dalam membagi waktu dan bisa mengerjakan semua pekerjaan dengan tepat dan baik. Apabila kamu sudah bisa melakukan ini untuk diri kamu sendiri, yakin 100% kamu akan bisa menjadi kandidat Manager ataupun Direktur yang bisa memimpin bawahanmu.


Semoga bermanfaat!