News

Apa yang dimaksud fase gelap dalam sekolah?

Fase gelap adalah fase yang setiap murid akan alami. Jadi coba mengatur pilihanmu dengan tepat.

By carikuliah.com | 2 weeks ago
carikuliah.com

Kalau dipikir-pikir, kamu sebagai mahasiswa pasti pernah mengalami kesulitan dalam kehidupan sekolah kamu.

Yang dimaksud ‘fase gelap’ atau dark phase dalam perjalanan menuntut ilmu adalah saat-saat kamu merasa seolah bersekolah adalah sesuatu beban dalam hidupmu. Bisa dibilang, beberapa orang menyebut fase gelap ini sebagai bentuk ‘depresi’ yang yang membuat penderitanya mengalami perubahan besar serta negatif dalam sifat dan posisi mental mereka. Sama dengan depresi, fase gelap adalah sesuatu yang kamu bisa lewati. Tetapi, untuk melampaui fase gelap ini, kita harus mengerti latar belakang kesulitan tersebut.

Mengapa mahasiswa bisa mengalami fase gelap ini? Tentu, banyak alasan nya. Salah satunya adalah pergaulan sekolah. Yang tidak diketahui banyak orang-tua adalah betapa susah nya mencari grup teman yang cocok denganmu. Untuk orang yang konon pendiam dan pemalu, ini biasanya adalah kesulitan terbesar mereka. Gosip jugalah factor dominan mengapa kehidupan sekolah kadang toxic atau beracun. Perlakuan kamu bisa menjadi bahan gosip orang lain, sebuah hiburan untuk mereka walau sangat menyakiti kamu.

Salah satu alasan lain mengapa kamu bisa mengalami fase gelap ini adalah masalah pacaran atau cinta. Berkencan sewaktu masih dibangku sekolah adalah sesuatu yang seru dan umum, walau bisa menjadi gangguan jika terkait dengan pelajaran. Fase gelap bisa terjadi karena berkencan dalam kehidupan sekolah mengambil besar porsi fokus kita dalam hal itu; seperti orang yang berkencan biasa, hubungan pacarana bisa goyah, dan ini bisa mempengaruhi dirimu dengan besar. Apalagi, jika kau mengalami patah hati—pasti, masalah pelajaran adalah hal terakhir dalam pemikiran kamu.

Alasan lain yang bisa menyebabkan fase gelap ini adalah apabila kamu memilih jurusan yang salah. Bayangkan kamu harus menempuh pembelajaran kamu selama 4 tahun atau 8 semester dengan berat hati, dalam kata lain kamu tidak bisa menikmati apa yang sedang kamu pelajari. Ibaratnya kamu harus makan makanan yang kamu tidak suka selama 4 tahun meskipun kamu tau kamu suka KFC. Kamu akan merasa tertekan untuk menjalani ini, hasilnya kamu tidak mengerti apapun yang kamu pelajari dan ujung ujung nya bekerja di bidang yang tidak sesuai dengan sarjana kamu.

Konsekuensi mengalami fase gelap juga banyak. Fase gelap bisa terjadi pada siapa aja, dan gejala yang dialami termasuk membuat emosi mu kacau, menurunkan produktavitas kamu, dan mengacak-acak keseharianmu. Emosi yang biasa dialami mahasiswa saat fase gelap adalah kesedihan, kecewaan, dan kelelahan yang berlebihan. Motivasi mu jatuh dan kamu berasa seakan tidak ingin melakukan apa-apa. Untuk lewati fase gelap ini, selalu ingat bahwa hidup kamu masi panjang, dan yang kamu alami sekarang bukanlah permanen. Cobalah untuk berpikir positif dan nikmatilah kehidupan sekolah kamu.