News

Apa itu Burnout Syndrome?

Guys coba perhatikan gejala syndrome yang baru di tetapkan oleh WHO. Tim carikuliah memiliki solusinya.

By carikuliah.com | 1 month ago
carikuliah.com

Baru-baru ini, organsisasi kesehatan dunia, WHO, menetapkan burnout syndrome sebagai salah satu kondisi stres kronis. Ini adalah bentuk baru kondisi yang bisa menyerang psikologis kita sebagai manusia. Tim carikuliah meliput gejala-gejala dan memberikan solusi ala carikuliah yang kamu bisa terapkan apabila kamu memiliki indikasi sebagai berikut:

1. Hari - hari yang dijalani adalah malapetaka

Indikasi yang pertama ini adalah psikologis, dimana setiap hari yang kamu lalui membuat kamu merasa cape banget dan rasanya ingin kabur dari realita hidup dan menghilang dari peradaban.

Mungkin setelah kamu membaca ini kamu akan merasa depresi hanya dengan melihatnya. Tetapi itu adalah kenyataan yang di alami orang yang memiliki syndrome ini.

2. Gampang cape dan tidak semangat

Indikasi yang kedua ini lebih menyerang ke fisik. Dimana apapun yang kamu lakukan dan kapanpun itu, kamu akan tetap merasa cape. Seperti contoh, keluar kamar mandi cape, Habis makan cape, mau belajar cape. Pada dasarnya semua yang kamu akan lakukan terasa berat banget dan tidak memiliki semangat hidup.

3. Sensitif dan emosional

Nahh yang ketiga ini tidak sama dengan apa yang dialami setiap bulannya oleh wanita ya! Karena indikasi yang ketiga ini meskipun mirip dengan apa yang dialami wanita tetapi ini lebih menyerang ke psikologi kamu dari pada fisik.

Kenapa begitu? Karena apa bila kamu mengalami datang bulan, apa yang kamu rasakan adalah rasa sakit, dan tegang di perut kamu. Melainkan kalau syndrome ini kamu akan merasakan ini hampir setiap hari dan tanpa ada perasaan sakit secara fisik. Segala keadaan rasanya pengen direspon dengan marah atau bahkan nangis karena kamu merasa sangat lelah. Pokoknya mixed feeling!

4. Gampang Sakit

Apakah kamu sudah mulai sering sakit pinggang? Tengkuk leher mendadak linu? Dada nyeri dan susah bernapas? Nah, ini bisa jadi salah satu gejalanya, hayati lelah!

Kamu juga harus bisa memperhatikan, karena indikasi yang ini belum tentu sakit yang jelas akan ketahuan. Pada dasarnya antibody kamu tidak bagus dan kamu rentan kena penyakit bisa secara fisik, atau pun flu dan demam atau penyakit lainnya. Hati hati ya guys!

5. Tidak punya harapan masa depan

Ketika semua rasanya membosankan. Buat memandang masa depan, rasanya masih banyak kabut karena kamu lagi diselimuti stres yang teramat sangat sampai tidak tau mau bagaimana sama hidup. Kamu akan merasa depresi yang mana kamu hanya bisa melihat kegelapan semata dan tidak ada titik terang di dalam hidup ini. 

Hal ini sangat bahaya karena untuk apapun yang kamu lakukan, kamu pasti akan selalu merasa dan berpikir negatif dan pesimis.

Nahhh guys, Inilah 5 indikasi BURNOUT SYNDROME yang kamu harus perhatikan sehari harinya. Apabila kamu ada teman, keluarga atau kerabat yang memiliki indikasi ini kamu harus segera membantu mereka dengan cara apapun. Coba cek deh di diri kamu kalau kamu ngerasain gejala-gejala ini, bisa jadi kamu mengalami burnout.

Adapun solusi dari kami adalah apabila kamu memiliki masalah apapun itu, mau itu kecil sekalipun ataupun besar, kamu harus bisa berbicara dan share apa masalah yang kamu alami dengan teman terdekat kamu atau keluarga kamu. Apabila kamu sudah mulai mengalami stress, coba kamu memulai untuk bisa memindahkan stress tersebut kedalam kegiatan lain seperti olahraga, menonton, bermain musik atau hal lain yang bisa membuat kamu tenang.

Semoga bermanfaat!
Carikuliah.com