Tips & Tricks

Anak kuliah pasti bisa hemat

Seringkali mahasiswa lengah akan pengeluaran jajan, tiba-tiba lenyap dengan cepat. Carikuliah memiliki tips cara berhemat untuk kamu yang sedang kuliah. Yuk simak penjelasan dibawah.

By carikuliah.com | 2 weeks ago
carikuliah.com

Pada saat memulai kuliah, seringkali mahasiswa lengah akan pengeluaran jajanan sehari-hari. Tanpa sadar, jajanan bulanan sudah lenyap dalam minggu pertama atau kedua. Umumnya, ini terjadi karena dekatnya universitas dengan mal, kafe, ataupun minimarket yang mengundang mahasiswa untuk terus membeli jajanan atau shopping.

 

Tapi, jangan panik, ini bisa diatasi dengan gampang. Inilah beberapa tips untuk menghindari pengeluaran secara berlebihan!


1. Temukan ‘hal’ yang paling menguras isi dompetmu!

 

Ini bisa dilakukan dengan melacak atau mengihitung pengeluaranmu dalam sehari: misalnya, berapa yang dibutuhkan untuk makan, nyemil, kebutuhan sekolah, hiburan atau lainnya. Saat hal itu ditemukan, ingatlah untuk mengurangi biaya secara perlahan—beli hanya jika butuh (walau ini tidak disarankan untuk persoalan makanan, biaya sakit tentu akan lebih mahal).

 

 2. Hindarilah pembelian barang secara impulsif!

 

Ada yang kita bisa sebut dengan lapar mata, atau keputusan satu menit (one minute decision), yang biasanya beralih dengan pembelian impulsif serta pengeluaran yang sangat besar. Jika ingin hemat, ini benar-benar harus dihindarkan. Bila ingin membeli barang, cobalah berpikir dengan dalam. Coba tanyakan pada dirimu sendiri dua pertanyaan ini: apakah kamu sangat membutuhkan? Apakah akan sering dipakai?

 

3. Belajarlah menabung!

 

Inilah prinsip dasar jika ingin hemat, dan tidak harus dilakukan secara langsung. Dengan perlahan, jika ada uang sisa, jangan dihabiskan. Melainkan, tabunglah di tempat terpisah dan janjilah untuk pakai hanya saat kebutuhan darurat. Kamu juga bisa menabung jika ingin membeli barang yang sangat diinginkan.

 

4. Cari alternatif lebih murah!

 

Bisa dibilang, ini adalah cara "pelit", tapi jika emang muncul cara alternatif yang lebih menguntungkan dompetmu, kenapa tidak? Misalnya, alternatif untuk membeli baju adalah thrifting, yang berarti membeli baju secondhand dengan harga yang pantas. Walau secondhand, jangan takut untuk beli dari thriftstore, karena baju yang dijual seringkali dicuci atau di laundry dengan bersih.

 

5. Bawa bekal dari rumah!

 

Jika takut lapar di kampus, cobalah untuk siapkan bekal yang bisa dibawa makan nanti untuk menggantikan jajanan berlebihan. Membawa bekal dari rumah juga berarti makanan yang dibawa lebih sehat, jika dibandingkan dengan gorengan atau jajanan di kampus.

 

6. Gunakan transportasi umum!

 

Jika belum bisa menyetir, cobalah untuk memakai transportasi umum untuk ke kampus (seperti busway atau mrt) yang hanya memerlukan biaya kecil. Opsi lain adalah untuk jalan atau memakai sepeda untuk kampus yang lebih dekat dari rumah.

 

Bukan hanya itu, biaya bensin juga termasuk lumayan mahal, dan transportasi umum lebih worth it. Maanfat lain dari transportasi umum ialah lebih ramah lingkungan, dan kamu bisa hindari macet berlebihan yang sering dihadapi pemudi Jakarta.