News

7 Cerita inspiratif penolakan pahit entrepreneur (wirausaha) dan pemimpin yang menjadi sangat sukses era 2020

Setelah ditolak berulang-ulang kali, orang sukses ini belajar dari pengalaman yang sangat pahit dalam hidup mereka.

By Cari Kuliah | 3 weeks ago
Cari Kuliah

Penolakan menurut kamus KBBI artinya adalah proses, cara, perbuatan menolak.

Pastinya kamu selama hidup pernah mengalami penolakan dari yang ringan hingga penolakan yang sangat pahit yang bisa membuat kamu murung, tidak mau berbuat apapun, nangis dan depresi.

Jangan takut, kamu tidak sendirian. saya pribadi juga pernah mengalami hal yang sama, ditolak sama pekerjaan, sekolah, apa lagi pada saat saya benar-benar menginginkan sesuatu tetapi ditolak. Sedih, nangis, menyendiri, tidak ada niat untuk berbuat apapun dan lainnya.

Penolakan bukan berarti kegagalan, bukan berarti tidak ada jalan. Kita dan setiap manusia hidup memiliki sudut pandang yang berbeda dari satu dengan yang lain. Mungkin saja mereka tidak bisa melihat apa yang kamu lihat. Dan selama kamu yakin apa yang kamu lakukan adalah benar, kamu harus ingat bahwa, kesuksesan ada di dalam tangan kamu sendiri dan apabila mereka menolak kamu dalam bahasa inggris ada kalimat "It's their loss, not yours" yang artinya adalah yang rugi adalah mereka bukan kamu.

Kalau kamu berniat untuk berada di dalam jalur entrepreneurship / kewirausahaan kamu harus siap dengan kata "tidak". Tetapi janganlah biarkan penolakan ini menjadi sesuatu yang membentuk diri kamu, tetapi bagaimana kamu menangani permasalahan ini dan kembali berjuang, adalah kuncinya. Jangan pernah biarkan penolakan yang berat ini membuat kamu melenceng dari tujuan kamu, tetapi belajarlah dari penolakan.

Berikut adalah cerita tentang penolakan yang terjadi kepada orang yang sangat sukses sekarang maupun era mereka dan apa pelajaran yang mereka ambil yang membuat mereka sukses.

1. Steve Jobs (Apple)


Siapa yang tidak tahu Steve Jobs? dia adalah seorang tech icon yang tidak bisa kita pungkiri. Steve Jobs adalah seorang pendiri perusahaan Apple yang pada tahun 1985, dia dipecat dari perusahaannya sendiri oleh jajaran direkturnya sendiri! Di dalam periode ini Setve Jobs mendirikan perusahaan baru bernama NeXT dan membeli sebuah studio animasi kecil bernama Pixar. Singkat cerita Steve Jobs kembali ke perusahaan Apple pada tahun 1997, berarti 12 tahun dia keluar dari Apple dan pada saat kembali dia berhasil membuat Apple menjadi salah satu perusahaan yang sangat berharga di bursa saham Amerika Serikat. Di tahun 2005 saat dia pidato di Universitas Standford, dia mengatakan "Saya tidak melihat sebelumnya, pemecatan saya pada saat itu adalah hal yang terbaik yang pernah terjadi dalam hidup saya. Beratnya menjadi seorang yang sukses tergantikan dengan keentengannya menjadi seorang pemula lagi, ketidak yakinan akan segala sesuatu. Hal itu membebaskan saya untuk masuk pada salah satu periode kreatif dalam hidup saya."

2. J.K. Rowling


Pasti kamu pernah nonton film Harry Potter kan? Pada tahun 2016, pengarang film Harry Potter ini beralih kepada Twitter membagikan cerita salah satu penolakan terbesar dia selama bertahun-tahun kepada publik. Yang pertama, buku cerita pertama Harry Potter yang telah terkenal ditolak 12 kali sebelum Bloomburry setuju untuk menerbitkan dan untuk novel seri detektif Cormoran Strike, yang dia tulis dengan nama samaran Robert Galbraith. Karena dia menggunakan nama samaran, dia tidak mendapatkan keuntungan dari namanya setelah Harry Potter di publikasikan. Tetapi dia terus berjuang. Dia menulis "Saya tidak akan menyerah sampai seluruh penerbit menolak saya, akan tetapi saya menakuti hal tersebut akan terjadi." Lanjutnya "saya tidak memiliki kerugian apapun dan terkadang itu yang membuat kamu cukup berani untuk mencoba."

3. Elon Musk