Tips & Tricks

5 tips menjadi mahasiswa berprestasi

Semua mahasiswa pastinya ingin mencapai hasil yang terbaik dari kuliahnya. Carikuliah mengulas cara cara yang bisa kamu lakukan nih.

By carikuliah.com | 7 months ago
carikuliah.com

Sebagai mahasiswa, kamu pasti ingin mencapai prestasi tertinggi dalam jurusan yang telah kamu pilih. Bukan hanya membanggakan, menjadi mahasiswa berprestasi akan sangat membantumu sewaktu lulus kuliah—apalagi persoalan profesi dan pekerjaan. Istilah mahasiswa berprestasi adalah “mahasiswa yang berhasil mencapai prestasi tinggi, baik kurikuler maupun ko/ekstrakurikuler, mampu berkomunikasi dengan menggunakan bahasa Indonesia dan bahasa Inggris/asing, bersikap positif, serta berjiwa Pancasila" (Mapres, 2018). Selepas itu, mahasiswa berprestasi tidak dipilih secara acak lho! Mereka dipilih secara teliti melalui proses yang menyerupai lomba atau kompetisi. 

 

Kriteria untuk menjadi mahasiswa berprestasi berupa keseimbangan akademik, organisasi, prestasi, dan kemampuan bahasa asing mahasiswa itu.  Maka, untuk menjadi mahasiswa yang berprestasi, dedikasi dan kerja keras harus menyatu secara kooperatif. Ini bukanlah hal yang gampang, tapi jangan mundur dulu! Inilah beberapa cara untuk menjadi mahasiswa berprestasi:

 

1. Konsentrasi saat belajar di kelas 

 

Berkonsentrasi di kelas merupakan faktor penting bagi mahasiswa yang benar-benar ingin belajar. Walaupun mengobrol bersama teman sekelas atau menjaga diri agar tidak bosan bukanlah hal yang buruk, ini bukanlah hal yang akan membantu kamu meresap materi ke dalam otak kamu. Daripada mengobrol dengan teman atau melakukan hal-hal tidak berpenghasilan di kelas, cobalah untuk menulis catatan atau mendengarkan guru (dengan sesungguhnya) untuk mempercepat proses belajar kamu. 

 

2. Review materi pelajaran. 

 

Ketika belajar di sekolah tidak cukup untuk membantu kamu memahami pelajaran yang diajari dosen, menguasai materi di rumah adalah suatu keharusan jika kamu merasa tidak terlalu yakin akan pelajaran tersebut. Ini adalah kesulitan yang dihadapi banyak siswa; hal-hal krusial seperti ujian atau materi yang sangat sulit bukanlah sesuatu yang cuma dilatih di sekolah. Hal-hal ini perlu dicicil sedikit demi sedikit agar kamu tidak mengalami sistem kebut semalam nantinya. 

 

Prestasi akademik adalah unsur penting bagi mahasiswa berprestasi. Nilai-nilai ujian dan kemampuan teoritis harus dijaga agar stabil. Maka, baru kedudukanmu akan berdiri di atas standar yang diterapkan sekolah kamu. 

 

3. Mencari mentor yang cocok

 

Seorang guru yang baik bisa menciptakan lingkungan yang memungkinkan siswa untuk berhasil. Maka, untuk menjadi mahasiswa yang berprestasi, kamu harus mempunyai mentor yang bisa menuntunmu kepada jalan yang benar. Carilah mentor yang cocok dengan sifat kamu, dan ialah yang akan membantumu mencapai kesuksesan. Mentor kamu bisa jadi siapa saja, terkait dengan keluargamu atau tidak. Ia bisa jadi senior, kerabat, keluarga, atau bahkan guru sendiri kamu di sekolah ataupun guru pribadi.

 

4. Hilangkan expektasi menjadi lulusan biasa

 

Salah satu cara paling efektif untuk menjadi siswa yang berprestasi adalah dengan mengubah mindset  kamu menjadi pola pikir yang lebih kompetitif. Kamu memiliki peluang terbesar sebagai mahasiswa untuk mencapai derajat perguruan yang luar biasa, dan kamu harus memanfaatkan peluang ini dengan sangat baik. Itu sebabnya, ada pepatah yang berkata 'students are the future' yang berarti kitasebagai mahasiswaadalah masa depan dunia ini. 

 

Maka dari itu, jangan menggunakan mindset mahasiswa dengan ekspektasi untuk menjadi lulusan biasa saja. Berharap untuk menjadi seseorang yang spektakuler. Selama kamu menyandang status mahasiswa, kamu memiliki kesempatan untuk mencapai segalanya.

 

5. Melibatkan diri dalam ekstrakurikuler 

 

Meskipun prestasi akademik kamu adalah faktor yang paling penting untuk menjadi mahasiswa berprestasi, jangan lupakan persyaratan lain yang harus dilakukan untuk melengkapi elemen tujuan tersebut. Salah satu elemen lain adalah ekstrakurikuler. Menjadi aktif dalam aktivitas ekstrakurikuler seperti olahraga, membantu lingkungan, atau menjadi pekerja sosial adalah sebuah plus bagi performa kamu. 

 

Terlebihnya, kamu juga membuat dunia tempat yang lebih baik dan kamu bisa menolong orang yang membutuhkan.