Tips & Tricks

5 hal penting harus dilakukan sebelum lulus kuliah

Jangan sampai kamu menyesal setelah lulus kuliah. Carikuliah.com memberikan tips 5 hal yang harus kamu lakukan sebelum lulus

By carikuliah.com | 2 months ago
carikuliah.com

Ada beberapa hal yang harus dilakukan sebelum kamu lulus dari kuliah. Jika kamu lulus dengan sedikit atau nol pengalaman tentang keahlian organisasi dan komunitas, perjalanan yang akan kamu tempuh di dunia karir akan sangat sulit. Semua yang telah kamu pelajari di kuliah sudah melatihkan kapabilitas dan penguasaan akademik kamu.

Sekarang, saatnya untuk melatih dirimu akan hal-hal yang melampaui kurikuler teoritis. 

 

Sangat disayangkan jika kamu kehilangan kesempatan untuk mengasah potensi-potensi kepemimpinan, kepercayaan diri, komitmen dan bakat yang mungkin saja ada didalam dirimu. Anggap saja ini sebagai bekal yang akan membantumu nantinya. Inilah beberapa hal yang harus kamu lakukan sebelum lulus kuliah:

 

1. Bergabung dengan organisasi

 

Tujuan bergabung dengan organisasi adalah untuk melatih kualitas kepemimpinan dan komunikasi kamu. Ketika kamu bergabung dengan suatu organisasi—secara otomatis, kamu akan akan memperoleh taktik berkomunikasi dan membuat koneksi untuk meningkatkan publikasi organisasi tersebut. Keahlian-keahlian ini akan sangat dibutuhkan di masa depan: misalnya, ketika membuat acara besar, atau saat menjalankan sebuah bisnis. Bahkan, saat memanage karyawan kamu agar bisnis nya terurus. 

 

2. Part time job /  Internship

 

Ini adalah hal yang sangat umum bagi mahasiswa untuk dilakukan jika mereka ingin mendapatkan pengalaman atau uang saku tambahan. Ini dapat dilakukan selama liburan atau bahkan akhir pekan ketika kamu sedang tidak melakukan apa-apa. Pekerjaan paruh waktu akan menguji kesabaran, profesionalisme, disiplin, dan semangat kerja kamu. Selebihnya, kamu bisa berbuat teman dan bersosialisasi (yang berarti lebih banyak koneksi). 

 

Part time job adalah keterangan yang membuktikan bahwa kamu siap di dunia nyata. Di mana bertahan hidup tanpa uang bulanan dan menjadi mandiri adalah kenyataan.


Begitu juga untuk Internship. Perusahaan sekarang akan menilai kamu bukan hanya dari nilai kuliah kamu tetapi mereka akan melihat seberapa aktif kamu di kegiatan dan seberapa besar pengetahuan kamu untuk melakukan sebuah pekerjaan. Internship adalah hal yang paling penting yang bisa kamu lakukan agar kamu bisa mendapat pekerjaan yang kamu inginkan.

 

3. Membuat bisnis kecil-kecilan

 

Jika kamu ingin membuat bisnis kecil-kecilan tapi minder karena tidak punya modal, jangan takut—membuat bisnis kecil tidak selalu membutuhkan banyak uang. Ada banyak hal sederhana yang bisa dilakukan untuk membuka usaha kecil, dan uang yang dibutuhkan hanya bermodal uang saku atau uang jajanan saja. Misalnya, jika kamu gemar bergambar, membuka komisi bergambar dan mempromosikan nya ke teman-teman atau kerabat hanya bermodal alat-alat menggambar doang, toh? Apa jika kamu punya penampilan yang cocok untuk menjadi instagram famous, kamu hanya perlu jago sosial media dan menawarkan jasa endorsement. 

 

Bisnis kecil-kecilan ini bisa menjadi sampingan kerja mu di masa depan, atau mungkin jika dikembangkan, akan menjadi bisnis legit atau official

 

4. Benahi sosial media

 

Sekarang, kamu pasti hanya menggunakan sosial media sebagai alat seru-seruan kamu untuk memposting photo photo narsis ke teman-teman dan keluarga. Untuk kedepannya, kamu akan menggunakan media sosial sebagai saluran untuk menyalurkan profesionalisme atau mempromosikan bisnis kamu. Maka dari itu, bersiaplah untuk mengubah tampilan akun instagram, twitter, atau facebook kamu menjadi akun yang lebih dewasa dan serius. Dengan begitu, kamu jadi tidak harus tiba-tiba mengganti profil kamu secara terburu-buru. 

 

5. Belajar bahasa asing 

 

Salah satu jaminan lain agar gampang mencari pekerjaan apalagi di sebuah perusahaan internasional adalah untuk belajar bahasa asing. Dengan keterampilan multibahasa kamu, kualitas ini akan secara otomatis membuatmu kandidat yang jauh lebih kompeten. Pelajarilah bahasa yang sedang disasah banyak perusahan masa-masa kini. Bahasa Inggris, misalnya, adalah persyaratan dasar. Tetapi bahasa-bahasa seperti bahasa mandarin, bahasa Arab, bahasa Jepang, atau bahkan bahasa Perancis, adalah bahasa yang dicari perusahaan di dunia kerja.

 

Jadi, jangan lupa belajar bahasa asing. Inilah trump card yang akan menjaminkan masa depan kamu.