Tempat Tinggal Mahasiswa Terjangkau di Dunia

Menentukan negara mana yang cocok untuk melanjutkan pendidikan di luar negeri bisa menjadi pengalaman yang membingungkan. Ada banyak faktor yang perlu dipertimbangkan, terutama biaya hidup. Jika kamu ingin memilih negara yang biaya hidupnya terjangkau bagi mahasiswa, kamu berada di tempat yang tepat. Artikel ini akan membahas negara mana yang memiliki biaya hidup terendah untuk mahasiswa sarjana.

  1. India India adalah salah satu negara yang menawarkan biaya hidup yang terjangkau bagi mahasiswa. Meskipun biaya kuliah di universitas India dapat menurun sekitar 10-30% dari biaya kuliah di luar negeri, biaya hidup berkisar antara 6.000 hingga 10.000 rupee per bulan, atau sekitar 1 juta rupiah. Tentu saja harga bisa bervariasi tergantung pada kota dan gaya hidup yang dipilih. Namun, mudah untuk menemukan makanan otentik dan tempat tinggal yang terjangkau di India.

  2. Indonesia Ada alasan kenapa universitas-universitas di Indonesia semakin populer bagi mahasiswa internasional. Salah satu alasannya adalah biaya hidup yang terjangkau. Biaya hidup di Indonesia berkisar antara 4 juta hingga 7 juta rupiah per bulan. Meskipun harga mungkin berbeda tergantung pada kota, kamarnya, dan gaya hidup, tetap saja biaya hidup di Indonesia terbilang rendah jika dibandingkan dengan negara barat.

  3. Filipina Negara Asia lainnya yang dapat menjadi pilihan untuk mahasiswa sarjana adalah Filipina. Biaya hidup di negara ini berkisar antara 15.000 hingga 20.000 peso per bulan atau sekitar 3 juta sampai 4 juta rupiah. Secara umum, Filipina merupakan negara yang terjangkau untuk biaya hidup. Kamu dapat menikmati lokasi wisata yang luar biasa dan makanan serta minuman yang enak dengan harga yang terjangkau.

  4. Cina Cina dapat menjadi pilihan bagi mahasiswa yang menginginkan pengalaman budaya yang berbeda. Biaya hidup di kota-kota kecil di Cina dapat berkisar antara 2.000 hingga 3.000 yuan atau sekitar 4 juta rupiah per bulan, meningkat menjadi 5.000 hingga 7.000 yuan atau sekitar 10 juta rupiah ketika di kota-kota besar seperti Beijing atau Shanghai. Namun, Cina tetap merupakan negara dengan biaya hidup yang terjangkau bagi mahasiswa.

  5. Taiwan Negara terakhir yang dapat dipilih bagi mahasiswa sarjana yang ingin hidup dengan biaya terjangkau adalah Taiwan. Biaya hidup di Taiwan berkisar antara 12.000 dan 15.000 NTD atau sekitar 5 juta sampai 7 juta rupiah per bulan. Harga ini relatif terjangkau jika dibandingkan dengan beberapa negara Eropa atau Amerika Serikat.

Setelah membaca artikel ini, kamu akan memiliki beberapa alternatif jika memilih negara yang biaya hidupnya terjangkau bagi mahasiswa sarjana. Tentu saja, tidak semuanya cocok untuk semua orang, tetapi yang penting adalah mempertimbangkan faktor-faktor lain seperti bahasa, lokasi, dan kualitas pendidikan. Pilihlah yang terbaik untukmu dan periksa apakah kampus terakreditasi secara internasional sebelum memutuskan melanjutkan pendidikanmu di sebuah negara. Semoga kamu berhasil menentukan negara yang terbaik sesuai kebutuhanmu!

Cari Kuliah